Kamis, 11 April 2013

Dasar Progam Algoritma



Komputer adalah peralatan (mesin) yang dapat melakukan perhitungan dan keputusan logika secara cepat berdasarkan instruksi-instruksi tertentu.

Bagian fisik computer disebut hardware
  program computeràsuatu himpunan dari instruksi yang memberitahukan kepada computer apa yang harus dilakukan.
  Agar suatu computer dapat mengenali instruksi yang diberikan oleh user, instruksi tersebut harus ditulis dalam bahasa yang dimengerti oleh computer (bahasa computer)
Penggolongan bahasa computer:
1.      High levelàbahasa yang lebihdekat dengan user (mudah dimengerti)
Contoh: basic, pascal, C, fortran, dll
2.      Low levelàbahasa yang lebih dekat dengan hardware
Contoh: bahasa assembly
3.      Bahasa mesin
 Bahasamesinàbahasa yang hanya di mengerti oleh CPU (berupa bilangan binary: biner, decimal, hexadesimal)

 Bahasa assemblyàsuatu mnemonic sederhana untuk menggantikan bahasa mesin

Agar dapat di mengerti computer, membutuhkan assembler untuk menerjemahkan dari bahasa assembly menjadi bahasa mesin
 Bahasa tingkat tinggi (high-level language)
Contoh: basic, pascal, C, C++, fortran, dll
Program yang ditulis dengan bahasa high level harus diterjemahkan menjadi bahasa mesin melalui suatu compiler atau interpreter
Beda compiler dan interpreter:
Interpreterà membaca perintah source code baris perbaris, menerjemahkan menjadi bahasa mesin yang sesuai, dan langsung menjalankan perintah. Bahasa mesin hasil terjemahan tidak disimpan. Sehingga untuk menjalankan program yang sama membutuhkan source code dan interpreter lagi.
Compileràmembaca perintah source code dan menulis kode mesin yang sesuai, setelah selesai keseluruhan kode mesin akan disimpan untuk penggunaan berikutnya. Ketika akan menjalankan program tersebut, system operasi akan menjalankan kode mesin yang telah disimpan (source code tidak dibutuhkan lagi)

ALGORITMA
Untuk membuat computer melakukan sesuatuàmembuat program computer
Untukmembuat program computer àmembuat langkah/tahapan yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan yaitu membuat computer melakukan sesuatu
Ketika computer menjalankan program tersebut, computer akan melakukan setiap langkah (algoritma) hingga mencapai tujuan akhir.

“Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis. “

Examples:
Algoritma membuat mie goreng:
1.      Siapkan mie
2.      Siapkan mangkok
3.      Rebus air dengan panic hingga mendidih
4.      Masukkan mie
5.      Masukkan bumbu ke dalam mangkok
6.      Tiriskan mie
7.      Tuang mie dalam mangkok dan aduk rata
8.      Mie siap dinikmati

Algoritma menghitung luas persegi panjang:
1.      Masukkan panjang
2.      Masukkan lebar
3.      Hitung luas dengan rumus panjang x lebar
4.      Tampilkan luas

Penyajian Algoritma ada 3:
1.      Natural language (bahasa natural)àmenggunakan bahasa yang digunakan sehari-hari (spt contoh di atas)
2.      Pseudocodeàmenggunakan code yang menyerupai (pseu-do) dengan bahasa pemrogaman yang akan digunakan
3.      Flowchart (diagram alir)àmenggunakan symbol dan garispanah

Teks Algoritma menggunakan pseudocode:
Suatu teks algoritma disusun dalam 3 tahapan, yaitu:
·         Bagian kepala algoritma
·         Bagian deklarasi
·         Bagian deskripsi

Algoritma Nama_algoritma
{penjelasan tentang algoritma yang menguraikan secara singkat hal-hal yang dilakukan oleh algoritma}
Deklarasi
{semua nama yang digunakan, meliputi nama-nama: tipe, konstanta, variable. Juga sub-program}
Deskripsi
{semua langkah atau aksi yang dilakukan}
Case:
Buatlah algoritma mencari luas persegi panjang

Analisis:
1.      Input: Nilai panjang dan lebar
2.      Hitung luas dengan rumus panjang x lebar(proses)
3.      Output: luas persegi panjang

AlgoritmaLuas_segi_panjang
{menghitung luas segi panjang dengan masukan panjang dan lebar}
Deklarasi
p, l : integer                                 {input}
Luas : integer                              {output}
Deskripsi
Read (p, l)
Luasßp*l
Write (luas)

Operator:
+                   àpenjumlahan
                   àpengurangan
*                          àperkalian
/                          àpembagian
>                   àlebih besar
<                   àlebih kecil
>=                 àlebih besar sama dengan
<=                 àlebih kecil sama dengan
Pangkatdua  àsqr
Akar            àsqrt
Mod             àsisa bagi
Div               àhasil bagi

Perbandingan

Natural Language
Pseudocode
Masukkan panjang
Read(panjang)
Masukkan lebar
Read(lebar)
Luas = panjang * Lebar
Luasßpanjang*lebar
Tampilkan luas
Write(luas)

Contoh lain:

Algoritma keliling_lingkaran
{menghitung keliling lingkaran dengan nilai phi=3.14 dan nilai masukan jari2}

Deklarasi
const phi=3.14
r:integer   {input}
keliling:real    {output}

Deskripsi
read(r)
kelilingß2*phi*r
write(keliling)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar