Komputer adalah peralatan
(mesin) yang dapat melakukan perhitungan dan keputusan logika secara cepat berdasarkan
instruksi-instruksi tertentu.
Bagian
fisik computer disebut hardware
program computeràsuatu himpunan dari instruksi
yang memberitahukan kepada computer apa yang harus dilakukan.
Agar
suatu computer dapat mengenali instruksi yang diberikan oleh user, instruksi tersebut
harus ditulis dalam bahasa yang dimengerti oleh computer (bahasa
computer)
Penggolongan
bahasa computer:
1.
High levelàbahasa yang lebihdekat dengan
user (mudah dimengerti)
Contoh: basic, pascal, C, fortran, dll
2.
Low levelàbahasa yang lebih dekat dengan
hardware
Contoh: bahasa
assembly
3. Bahasa
mesin
Bahasamesinàbahasa yang hanya di mengerti oleh
CPU (berupa bilangan binary: biner, decimal, hexadesimal)
Bahasa assemblyàsuatu mnemonic sederhana untuk menggantikan
bahasa mesin
Agar
dapat di mengerti computer, membutuhkan assembler untuk
menerjemahkan dari bahasa assembly menjadi bahasa
mesin
Bahasa tingkat tinggi (high-level
language)
Contoh:
basic, pascal, C, C++, fortran, dll
Program
yang ditulis dengan bahasa high level harus diterjemahkan menjadi bahasa mesin melalui
suatu compiler atau interpreter
Beda
compiler dan interpreter:
Interpreterà membaca perintah source code
baris perbaris, menerjemahkan menjadi bahasa mesin yang sesuai, dan langsung menjalankan
perintah. Bahasa mesin hasil terjemahan tidak
disimpan. Sehingga untuk menjalankan program yang sama membutuhkan
source code dan interpreter lagi.
Compileràmembaca perintah source code dan menulis
kode mesin yang sesuai, setelah selesai keseluruhan kode mesin akan disimpan untuk
penggunaan berikutnya. Ketika akan menjalankan program tersebut, system operasi
akan menjalankan kode mesin yang telah disimpan (source code tidak dibutuhkan lagi)
ALGORITMA
Untuk membuat computer melakukan sesuatuàmembuat program computer
Untukmembuat program computer àmembuat langkah/tahapan yang harus dilakukan
untuk mencapai tujuan yaitu membuat computer melakukan sesuatu
Ketika computer menjalankan program
tersebut, computer akan melakukan setiap langkah (algoritma) hingga mencapai
tujuan akhir.
“Algoritma adalah urutan langkah-langkah
logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis. “
Examples:
Algoritma membuat mie goreng:
1. Siapkan
mie
2. Siapkan
mangkok
3. Rebus
air dengan panic hingga mendidih
4. Masukkan
mie
5. Masukkan
bumbu ke dalam mangkok
6. Tiriskan
mie
7. Tuang
mie dalam mangkok dan aduk rata
8. Mie
siap dinikmati
Algoritma menghitung luas persegi panjang:
1. Masukkan
panjang
2. Masukkan
lebar
3. Hitung
luas dengan rumus panjang x lebar
4. Tampilkan
luas
Penyajian Algoritma ada 3:
1. Natural
language (bahasa natural)àmenggunakan bahasa yang digunakan sehari-hari
(spt contoh di atas)
2. Pseudocodeàmenggunakan
code yang menyerupai (pseu-do) dengan bahasa pemrogaman yang akan digunakan
3. Flowchart
(diagram alir)àmenggunakan
symbol dan garispanah
Teks Algoritma
menggunakan pseudocode:
Suatu teks algoritma disusun dalam 3
tahapan, yaitu:
·
Bagian
kepala algoritma
·
Bagian
deklarasi
·
Bagian
deskripsi
Algoritma Nama_algoritma
{penjelasan
tentang algoritma yang menguraikan secara singkat hal-hal yang dilakukan oleh algoritma}
Deklarasi
{semua
nama yang digunakan, meliputi nama-nama: tipe, konstanta, variable. Juga
sub-program}
Deskripsi
{semua
langkah atau aksi yang dilakukan}
Case:
Buatlah algoritma mencari luas persegi panjang
Analisis:
1.
Input:
Nilai panjang dan lebar
2.
Hitung
luas dengan rumus panjang x lebar(proses)
3.
Output:
luas persegi panjang
AlgoritmaLuas_segi_panjang
{menghitung luas segi panjang dengan masukan
panjang dan lebar}
Deklarasi
p, l : integer {input}
Luas : integer {output}
Deskripsi
Read (p,
l)
Luasßp*l
Write
(luas)
Operator:
+ àpenjumlahan
– àpengurangan
* àperkalian
/ àpembagian
> àlebih besar
< àlebih kecil
>= àlebih besar sama dengan
<=
àlebih kecil sama dengan
Pangkatdua àsqr
Akar àsqrt
Mod àsisa
bagi
Div àhasil bagi
Perbandingan
Natural
Language
|
Pseudocode
|
Masukkan
panjang
|
Read(panjang)
|
Masukkan
lebar
|
Read(lebar)
|
Luas
= panjang * Lebar
|
Luasßpanjang*lebar
|
Tampilkan
luas
|
Write(luas)
|
Contoh
lain:
Algoritma keliling_lingkaran
{menghitung
keliling lingkaran dengan nilai phi=3.14 dan nilai masukan jari2}
Deklarasi
const
phi=3.14
r:integer {input}
keliling:real {output}
Deskripsi
read(r)
kelilingß2*phi*r
write(keliling)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar